Pada momen-momen tertentu, terdapat peluang yang besar untuk kamu bisa manfaatkan. Misalnya, di bulan Ramadhan ini banyak peluang terbuka untuk para pelaku bisnis. Pasalnya, tingkat konsumsi rumah tangga bisa meningkat 100-150% di bulan Ramadhan ini.
Bulan Ramadhan menciptakan peluang tinggi bagi bisnis yang berjalan. Tingginya tingkat konsumsi harus dimanfaatkan dengan baik. Namun, besarnya peluang bukan berarti tidak ada kompetitor, justru malah sebaliknya. Akan banyak kompetitor yang muncul, baik itu yang baru saja membangun bisnis ataupun kompetitormu yang sebelumnya memang sudah ada. Strategi marketing menjadi senjata yang bisa kamu gunakan untuk menonjolkan diri di tengah-tengah kompetitor lain.
Saat mendengar bulan Ramadhan, ada satu produk yang langsung terpikirkan di kepala orang-orang. Sirup Marjan menjadi minuman identik yang dikaitkan dengan bulan Ramadhan. Hal ini karena iklan serunya yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena mengandung unsur cerita rakyat yang dikemas dalam sebuah iklan berseri.
Bagaimana sih Marjan mendominasi pasar saat bulan Ramadhan? Strategi marketing apa ya yang membuat merek ini meraup keuntungan di bulan Ramadhan ini? Baca sampai habis ya!
Menggunakan Strategi Seasonal Marketing
Seasonal marketing adalah strategi marketing yang memanfaatkan momen-momen tertentu di setiap tahunnya. Dalam hal ini, Marjan menggunakan momen bulan Ramadhan sebagai waktu untuk mengeluarkan campaign marketing mereka.
Marjan selalu mengeluarkan campaign menarik di bulan Ramadhan dan membangun branding yang identik dengan puasa dan Ramadhan. Strategi mereka membuat masyarakat langsung terpikir tentang produk mereka saat mendengar soal bulan Ramadhan.
Karena itu, membuat produkmu dikenal pada momen tertentu bisa membantu membangun branding yang lebih kuat lagi. Sehingga kamu bisa memaksimalkan campaign produk pada momen tersebut. Misalnya, pada bulan Oktober yang penuh hal horor atau mistis, atau bulan Desember hingga Januari yang identik dengan natal dan tahun baru.
Manfaatkan peluang yang cocok untuk produkmu untuk campaign yang maksimal!
Metode Flighting
Metode flighting adalah metode penjadwalan iklan agar bisa tayang di periode yang menguntungkan, sehingga campaign tayang di waktu yang optimal. Biasanya metode ini digunakan ketika kamu sudah tahu periode saat permintaan terhadap produk menjadi sangat tinggi.
Marjan memanfaatkan metode ini untuk iklan berseri mereka. Jadi, episode awal tayang saat menjelang bulan Ramadhan, yang mana menjadi pengingat masyarakat bahwa bulan Ramadhan sudah dekat. Lalu, dilanjut pada episode selanjutnya yang tayang di periode tertentu pada bulan Ramadhan.
Metode ini memungkinkan kamu untuk menjadwalkan iklan yang baik pada waktu yang tepat. Jadi, efisiensi campaign kamu bisa jadi lebih maksimal!
Konsep Campaign yang Menarik
Marjan biasanya menggunakan cerita rakyat yang digabungkan dengan unsur modern. Hal ini menjadi sebuah ide yang out of the box dan menarik target marketing mereka.
Campaign yang dibuat oleh Marjan biasanya berupa film pendek yang dibagi menjadi beberapa episode yang tayang di waktu yang berbeda di bulan Ramadhan. Karena cerita yang bersambung, target marketing mereka selalu menunggu episode selanjutnya tayang, seolah-olah campaign itu merupakan film sungguhan.
Dari ide menarik seperti ini, kamu bisa mengambil inspirasi dari Marjan. Kamu bisa mencari ide campaign yang menarik dan menyenangkan, sehingga target marketing kamu menunggu-nunggu campaign itu muncul.
Nah, itu adalah ide-ide marketing yang bisa kita ambil dari campaign Marjan yang melegenda. Konsep unik dengan strategi yang tepat bisa membuat campaign untuk bisnismu berhasil dan membuat penjualan produk maksimal.
Jangan lupa untuk manfaatkan peluang yang ada pada momen-momen tiap tahunnya. Peluang jika dimanfaatkan dengan maksimal bisa mengembangkan bisnismu dengan maksimal juga.
Sumber :
https://news.detik.com/kolom/d-4553328/anomali-konsumsi-di-bulan-suci
https://bithourproduction.com/blog/menguak-strategi-marketing-marjan/#Analisis_Strategi_Marketing_Marjan
https://stories.briefer.id/2023/03/10/strategi-marketing-viral-marjan/