Content marketing adalah strategi pemasaran dengan menyebarkan suatu konten atau informasi yang dikemas dengan menarik untuk audiens. Nantinya, konten ini bisa mengarahkan audiens kamu melakukan hal yang bisa menguntungkan bisnis kamu, misalnya melakukan transaksi.
Dilansir dari Forbes, kata kunci pada content marketing adalah “valuable” atau berharga. Konten yang kamu berikan haruslah berguna dan berharga sehingga audiens-mu merasakan manfaat yag kamu berikan.
Namun, dalam melakukan content marketing pun, ada persaingan yang terjadi. Karena itu, yang kamu inginkan adalah menjadi konten nomor satu yang muncul saat audiens mencari topik itu. Untuk mendapatkan posisi teratas dalam mesin pencarian, kamu bisa menggunakan teknik SEO.
Apa itu SEO?
Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik mengoptimasi agar kontenmu tampil di halaman pertama mesin pencarian, biasanya digunakan pada konten blog di website. Tujuannya adalah untuk meningkatkan visibilitas brand secara online.
SEO ini memanfaatkan trafik organik pada mesin pencarian. Jadi, teknik ini bisa diterapkan secara gratis. Sehingga mengefisienkan biaya untuk pemasaran bisnis kamu.
Manfaat SEO
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan jika menerapkan teknik SEO dengan benar.
1. Meningkatkan Jangkauan Website
Konten yang mengandung kata kunci yang tepat biasanya akan dtempatkan di halaman pertama oleh mesin pencarian. Karena itu, konten yang menerapkan SEO pastinya akan mendapat jangkauan lebih luas jika dibandingkan dengan konten yang tidak menerapkan SEO.
SEO bisa meningkatkan jumlah klik dan pengunjung ke laman bisnis kamu. Apalagi, SEO merupakan strategi yang memanfaatkan cara kerja mesin pencarian, sehingga jangkauannya organik tanpa menggunakan biaya lain untuk iklan.
2. Memperoleh Leads yang Sesuai dengan Bisnis
Kata kunci yang diterapkan untuk kontenmu ini bisa mengarahkan konten yang kamu buat untuk orang-orang yang tertarik di bidang tersebut. Konten kamu akan muncul ketika pengguna internet mencari hal yang bersangkutan dengan konten yang kamu tulis.
Pengguna yang menunjukkan ketertarikan pada kontenmu inilah yang bisa menjadi leads untuk bisnismu. Dengan konten organik yang memanfaatkan SEO, kamu bisa menjangkau leads yang tepat tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
3. Menghemat Biaya Promosi
Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, strategi SEO tidak mengeluarkan biaya untuk diterapkan. SEO hanya perlu melakukan riset kata kunci di mesin pencarian dan menerapkan strategi pada konten yang akan di-upload.
4.Meningkatkan Brand Awareness
Dengan menggunakan SEO di konten yang kamu buat, mesin pencarian akan menampilkan konten kamu di halaman pertama. Semakin sering target audiens kamu melihat konten bisnis yang kamu buat pada kategori yang sama, maka mereka akan menyadari bahwa bisnis kamu aktif hingga bisa menghasilkan konten yang menarik perhatian mereka.
Kesadaran target audiens kamu terhadap bisnis yang kamu kembangkan merupakan nilai tambah dari hadirnya SEO. Kamu bisa menarik lebih banyak leads, sehingga kamu bisa mengumpulkan leads secara organik, selain dari campaign yang mengeluarkan biaya pemasaran.
Jenis-Jenis SEO
Sekarang, kita akan beralih ke beberapa jenis SEO yang biasanya diterapkan untuk optimalisasi konten. Yuk simak sampai selesai!
1. SEO On-Page
SEO On-Page melibatkan optimasi elemen di dalam situs web secara langsung.
Hal ini termasuk memaksimalkan judul konten, heading konten dan kata kunci. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu kata kunci apa yang tepat untuk konten yang kamu buat. Selain itu, jenis SEO ini juga bisa dimaksimalkan dengan penulisan meta deskripsi pada halaman web dan menggunakan gambar dengan teks alternatif.
2. SEO Off-Page
SEO Off-Page berkaitan dengan aktivitas diluar situs web yang bertujuan meningkatkan otoritas dan reputasi situs di mata mesin pencari. Ini termasuk membangun tautan balik (backlink) dari situs web otoritatif lain, berpartisipasi dalam media sosial, membagikan konten yang bernilai, dan mendapatkan ulasan positif dari pengguna.
Menurut Ahrefs.com, backlink adalah link pada suatu website yang mengarah ke website lain. Backlink ini bisa membantu konten yang kamu buat untuk ditampilkan di halaman pertama oleh mesin pencara. Karena, di mata mesin pencari, backlink bisa meningkatkan kredibilitas konten yang kamu buat.
3. SEO Konten
Fokus utama dari SEO konten adalah menciptakan konten yang relevan, bermanfaat, dan mudah dimengerti oleh pengguna serta disukai oleh mesin pencari. Ini termasuk penelitian kata kunci, pembuatan konten yang menarik, penggunaan judul yang menarik, penyajian informasi yang akurat, dan mengoptimalkan struktur konten untuk mudah dibaca.
Selain itu, aspek penting dari SEO konten adalah konsistensi dalam publikasi konten yang relevan dan berkualitas secara teratur. Ini membantu membangun otoritas situs web di mata mesin pencari, karena situs yang secara konsisten menghasilkan konten yang bernilai cenderung lebih dihargai dan diindeks lebih baik. Dengan fokus pada memenuhi kebutuhan dan minat audiens target, SEO konten bertujuan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang positif, meningkatkan tingkat interaksi dan retensi pengunjung, serta secara keseluruhan membantu situs web mencapai peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian.
Dalam satu konten, kamu bisa menerapkan tiga jenis SEO ini sekaligus agar trafik organiknya bekerja dengan maksimal! SEO digunakan untuk meminimalisir biaya pemasaran dan memanfaatkan trafik organik untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Sehingga, strategi ini perlu kamu manfaatkan dengan baik ya!
Sumber :
What Is Content Marketing? (forbes.com)
SEO: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya (cmlabs.co)
15 Manfaat SEO untuk Bisnis & Marketing Online (Lengkap)
What Are Backlinks in SEO? Everything You Need to Know