Kamu tahu gak sih, kalau 80%-90% bisnis yang baru dibangun mengalami kegagalan di tahun pertama? Kurangnya permintaan pasar dan dana yang tidak memadai menjadi alasan utama banyaknya bisnis online yang gagal. Lantas, apa yang bisa kira lakukan untuk menghindari hal ini?
Untuk menghindari suatu risiko atau masalah, yang perlu dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu sumber risikonya. Kita perlu mengetahui sumber atau penyebab dari kemunculan risiko ini.
Dikutip dari CNBC Indonesia, terdapat banyak faktor yang menyebabkan kegagalan berkembangnya suatu bisnis. Berikut ini lima alasan teratas penyebab bisnis ditutup.
- Tidak ada kebutuhan pasar;
- Kehabisan uang/dana;
- Komposisi tim tidak tepat;
- Kalah dalam kompetisi;
- Harga atau biaya tanggungan.
Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku bisnis untuk dihadapi sebaik mungkin. Menjalankan suatu bisnis pastinya akan menghadapi rintangan. Karena rintangan inilah suatu bisnis bisa berkembang.
Sebagai pelaku bisnis yang memanfaatkan teknologi untuk melakukan transaksi, kita tidak boleh menolak perubahan. Internet adalah tempat yang berubah begitu cepat, mengikuti tren yang berlangsung dan menyesuaikan pergaulan di masa kini. Karena itu, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebagai bentuk penyesuaian dengan keadaan pada masa kini.
Sesuaikan bisnis dengan permintaan pasar
Saat membangun bisnis, prinsip dasarnya adalah mengetahui kebutuhan pasar. Saat ini, kebutuhan seperti apa yang perlu dipenuhi. Karena, para pelanggan membeli barang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.
Saat bisnismu tak memiliki pasar, hal yang terjadi adalah tak ada pelanggan yang akan membeli produk yang kamu tawarkan, baik produk barang ataupun produk jasa. Calon pelanggan pasti akan melakukan transaksi saat produk yang dibelinya dirasa memiliki manfaat baginya. Sama seperti pelaku bisnis, para pelanggan juga mencari keuntungan dari produk yang ia beli.
Karena itu, kebutuhan pasar menjadi hal paling fundamental dalam membangun bisnis. Saat kamu gagal mengenali hal itu, maka yang akan terjadi adalah bisnismu masuk ke dalam kategori pertama alasan sebuah bisnis tutup. Tak ada pasar, maka tak ada produk yang diinginkan.
Pelaku bisnis yang menginginkan keuntungan selalu mencari peluang dalam kebutuhan pasar. Karena itu, menentukan produk yang dijual tak bisa sembarangan.
Bangun bisnis yang unik
Setiap target market pasti punya yang namanya kompetitor. Mungkin saja kompetitor bisnismu lebih berpengalaman karena sudah lebih dahulu bergelut di pasar itu. Lalu, hal apa yang bisa kamu lakukan untuk menyaingi mereka?
Jawabannya adalah menjadi unik. Sebuah keunikan yang tidak ada pada produk kompetitor adalah hal penting yang harus kamu miliki. Jadi, calon pelangganmu bisa dengan percaya diri lebih memilih produk yang kamu pasarkan. Produk yang kamu jual memiliki keunikan yang tidak ada pada produk lainnya. Tentunya keunikan itu juga bisa menguntungkan bagi calon pelanggan, agar mereka menjadi lebih yakin.
Keunikan memang penting demi berjalannya sebuah bisnis. Karena dengan keunikan produkmu bisa lebih mudah dikenali. Tapi, sebagai pelaku bisnis penting untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan pasar. Keunikan memberikan keunggulan yang bisa memperkuat bisnis agar bertahan dalam persaingan pasar.
Mengenali kempetensi para pekerja dengan tepat
Ketika kamu memiliki karyawan yang bekerja untukmu dalam sebuah tim. Alangkah baiknya jika kamu mengenali setiap kelebihan anggota tim dan karakteristik mereka. Dengan mengenali mereka lebih lanjut, kamu bisa lebih optimal dalam memberikan suatu tugas kepada mereka. Tugas yang tepat untuk orang yang tepat.
Menjaga kerukunan antar anggota tim juga penting sehingga pekerjaan dalam bisnismu berjalan dengan lancar. Bayangkan jika salah satu dari mereka memiliki hubungan yang buruk, pasti akan mempengaruhi lingkungan kerja di sekitaranya ‘kan?
Karena itu, kerukunan dan solidaritas diperlukan untuk menumbuhkan bisnismu. Jadi, risiko yang berbahaya bisa segera dihindari. Selain itu, jika tim bekerjasama dengan baik, kamu juga yang akan mendapatkan manfaatnya.
Ketika suatu tim bekerja dengan baik, maka kinerja mereka akan meningkat. Karena komunikasi yang baik bisa menghasilkan inovasi menarik yang akan membantu bisnismu berkembang.
Tentukan tujuan untuk bisnismu
Tak peduli seberapa tinggi, kamu harus memiliki tujuan untuk bisnismu. Hal itu akan menciptakan target-target yang membantu bisnis kita berkembang. Bukankah aneh jika kita ingin mengembangkan bisnis tanpa tahu arah tujuan?
Oleh sebab itu, sebagai pelaku bisnis, kamu harus memiliki tujuan untuk dicapai. Sehingga, bisnis milikmu memiliki arah dalam berkembang dan memiliki alasan untuk bisa berkembang.
Tujuan juga penting agar tim yang ada di dalam bisnismu bisa menetapkan target dan program yang dapat membawamu ke tujuan itu. Tujuan itu bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Yang penting ada suatu alasan kenapa kamu ingin mengembangkan bisnismu dan bertahan di persaingan pasar.
Delegasikan tugas
Sebagai pelaku bisnis, kamu tak perlu mengerjakan semuanya sendirian. Ketika kamu memiliki tim, maka tidak ada salahnya membagi tugas kepada tim itu sehingga kamu bisa memprioritaskan hal yang lebih penting.
Mendelegasikan tugas lain akan membantumu mengerjakan tugas yang lebih prioritas dan tidak bisa digantikan oleh orang lain. Hal ini bisa mempersingkat waktu dan mengurangi tenaga yang harus kamu pakai. Jadi, tugas yang tidak harus dikerjakan olehmu bisa dikerjakan oleh orang lain. Kalau kata orang-orang zaman sekarang, “work smart not hard.“
Sebagai penutup, menjadi pelaku bisnis memiliki tantangan yang harus kamu hadapi. Tak ada jalan yang mudah dalam membangun bisnis. Yang terpenting adalah tak ragu mencoba inovasi baru dan terus membuka peluang bagi bisnismu.
Masalah yang bisa diidentifikasi terlebih dulu akan meringankan beban masalah yang harus kamu tangani nantinya di masa yang akan datang. Karena itu antisipasi terhadap berbagai ancaman dan risiko yang menghantui bisnismu adalah hal penting untuk dilakukan.
Sumber :
https://shorturl.at/dmuV4
https://startupsmagazine.co.uk/article-power-uniqueness-business#:~:text=Uniqueness%20creates%20a%20lasting%20impression,your%20business%20dynamic%20and%20adaptable.
https://www.brighthr.com/articles/culture-and-performance/teamwork/the-importance-of-teamwork-in-the-workplace/
https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2020/02/24/12-ways-entrepreneurs-can-build-a-sustainable-business/?sh=72dfae8f3392