Melakukan bisnis onlinememang terlihat mudah karena ia tidak membutuhkan modal yang besar. Namun hal tersebut tetap harus diperhatikan, karena sebanyak apapun modal yang dimiliki namun tidak dikelola dengan baik, maka modal tersebut akan menguap sia-sia. Menggunakan platform seperti loops akan membuat Anda lebih hemat karena memiliki banyak fitur pendukung kerja.
Ketahui Cara Menghemat Modal Usaha
1. Cari Tempat yang Murah untuk Membuka Usaha
Apabila Anda belum memiliki kantor untuk membuka usaha, Anda bisa menggunakan rumah sebagai kantor. Namun ini akan memberikan imej yang kurang professional kepada pelanggan, karena itu usahakan untuk menemui pelanggan di tempat yang nyaman di awal berdirinya toko onlineAnda.
Jika sudah mampu menyewa tempat, pilihlah terlebih dahulu tempat yang murah namun cukup strategis. Secara perlahan, Anda bisa melengkapi fasilitasnya, karena sebagian besar tempat yang murah biasanya memiliki fasilitas kerja yang seadanya. Hal yang paling penting adalah tetap mengelola timdengan baik untuk menjalankan usaha tersebut.
Dengan menyewa tempat yang murah, setidaknya Anda memiliki alamat yang tetap sebagai ruang kerja dan kantor, yang bukan sebagai ruang privat milik pribadi. Saat ini sudah banyak pilihan ruang kerja yang tersedia ketika Anda hendak membuka bisnis online, yang semuanya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.
2. Pilih Rekan Kerja yang Efisien
Memilih rekan kerja juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Misalnya untuk customer service, pastikan Anda bisa memiliki CS yang tidak hanya bersemangat dalam bekerja, namun juga bisa bekerja dengan efisien, baik, dan tidak membuat pelanggan kabur.
Untuk menyiasati agar CS bisa bekerja secara maksimal, Anda bisa menggunakan loops, platform yang dirancang khusus untuk membuat CS bisa bekerja dengan makin efisien. Dengan menggunakan platform ini, Anda bisa memberikan putaran giliran pada pelanggan, sehingga mereka tidak butuh waktu lama untuk bertemu dengan CS.
Jika membuka bisnis jualan online, pastikan Anda menggunakan pekerja yang memahami bagaimana digital marketing berjalan. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki, sehingga pelanggan tertarik untuk melakukan pembelian.
3. Pastikan Setiap Uang Harus Bisa Balik Modal
Agar Anda tidak merugi selama membuka bisnis tersebut, pastikan bahwa setiap dana yang Anda keluarkan sudah balik modal. Misalnya, Anda bisa mempekerjakan CS yang professional, sehingga dengan pelayanannya terjadi scale up CSdan peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan pembelian.
Hal yang sama jika Anda menggunakan pekerja di bidang yang lain, pastikan bahwa mereka bekerja dengan baik sehingga Anda tidak merasa rugi dengan menyewa jasa mereka, atau mempekerjakan mereka di perusahaan Anda. Jika perusahaan dikelola dengan baik, trafficpenjualan tentu akan semakin meningkat.
Ketika Anda memulai bisnis, Anda tidak harus memiliki banyak karyawan dan memiliki kantor yang besar. Manfaatkan dulu apa yang Anda miliki dan lakukan upgrade secara perlahan untuk meningkatkan kualitas layanan dan produksi produk. Nanti setelah modal kembali dan Anda mendapatkan keuntungan, Anda bisa mulai untuk mengembangkan bisnis dan melengkapi apa yang kurang.
Demikianlah langkah mudah untuk melakukan penghematan selama membuka bisnis daring. Dengan informasi tersebut, semoga Anda mendapatkan tambahan pengetahuan untuk mengelola bisnis dengan baik. Memanfaatkan platform loops yang mempermudah kinerja CS juga bisa menjadi solusi untuk memanfaatkan CS yang sudah ada dengan memberikan beban kerja yang seimbang.