Pengelolaan bisnis onlinemerupakan hal yang harus diperhatikan oleh wirausahawan saat ini. Karena perkembangan teknologi yang cukup pesat, Anda harus menyesuaikan kebutuhan dan pelayanan terhadap pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan platform loops, yang dapat membantu Anda mengelola CS dan marketing pada bisnis daring.
Optimalkan Pelayanan Pelanggan Bisnis Online dengan Tips yang Berikut!
1. Usahakan Menyelesaikan Masalah dengan Cepat
Dengan berbagai kecepatan akses internet, pelanggan tentunya ingin permasalahannya diselesaikan dengan lebih cepat. Untuk mengatasinya, Anda harus menyediakan layanan CS yang sigap dan bisa dengan mudah dijangkau konsumen. Anda bisa memanfaatkan teknik cs rotatoryang akan pelanggan menghubungi CS.
Teknik ini akan membuat pelanggan mendapatkan antrian barisan ketika hendak melakukan pengaduan terkait layanan. Jika satu CS sudah selesai, maka antrian bisa dilanjutkan dan membuat pelanggan bisa menjangkau CS dengan lebih cepat. Agar tidak menghabiskan waktu, pastikan penyelesaian masalah bisa dilakukan hanya dengan satu kali interaksi.
2. Pahami Strategi Multichannel
Beberapa pelanggan memiliki tempat tertentu untuk mengetahui berbagai informasi mengenai bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Anda juga bisa membuat iklanyang difokuskan ke platform tertentu untuk memudahkan menarik pelanggan baru yang lebih potensial.
Terlihat bahwa bisnis daring yang melakukan jualan onlinedi berbagai jenis platform akan membuatnya mendapatkan arus pelanggan yang lebih baik. Ketika sudah menentukan platform apa saja Anda hendak melakukan marketing, maka siapkan pula CS di posisi tersebut.
Dengan begitu, pelanggan bisa langsung melakukan kontak dengan toko yang sedang Anda bangun. Melakukan marketing dengan cara ini juga memudahkan Anda untuk mengelola tim, sehingga proses distribusi tugas menjadi lebih mudah dan efisien untuk dilakukan.
3. Pastikan Pelanggan Tidak Mendapatkan Pengulangan Informasi
Hal yang kadang membuat pelanggan kesal adalah proses tunggu yang lama ketika mereka mengadukan masalah. Bukannya membantu mereka, CS malah akan mengulang informasi untuk mengulur waktu pelanggan. Jika ini terus dilakukan, maka akan berpengaruh pada winning campaignyang sedang Anda lakukan.
Solusinya segera langsung fokus ke masalah yang disampaikan oleh pelanggan, sehingga mereka tidak perlu mendapatkan pengulangan informasi. Untuk menghindari waktu tunggu yang lama, Anda bisa menggunakan loopsguna membuat putaran CS yang tersedia. Dengan begitu, CS yang sedang kosong bisa langsung mengambil alih pelanggan.
4. Ukur Nilai Kepuasan Pelanggan
Agar Anda terus berkembang ke arah yang lebih baik, maka pastikan Anda mengukur kepuasan pelanggan setelah melakukan layanan CS. Ini akan membantu Anda melakukan evaluasi, sebelah mana dari layanan jualan onlineyang Anda lakukan perlu diperbaiki.
Jika pelanggan puas dengan kinerja Anda, maka Anda harus mempertahankan kinerja tersebut di masa yang akan datang. Berbeda jika pelanggan memberikan nilai yang kurang memuaskan, usahakan segera mengadakan evaluasi untuk membuat pelayanan customer service menjadi lebih baik.
Demikianlah berbagai tips dan strategi yang bisa Anda lakukan, sehingga Anda bisa melakukan layanan konsumen dengan lebih maksimal. Jika Anda kesusahan dalam mengatur dan mengelola karyawan pada bagian marketing dan CS, menggunakan loops adalah solusi yang direkomendasikan. Sebab ia akan membuat traffictoko daring Anda naik dan pengelolaan CS yang lebih mudah.