Istragram merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan saat ini. Sosmed milik Mark Zuckerberg ini banyak diminati oleh anak muda dan para benisnis online. Banyak sekali pebisnis online yang terjun dan berhasil mendulang pundi-pundi menggunakan instagram walaupun mengandalkan teknik organik sekalipun.
Namun masalahnya, banyak dari kita yang mengalami postingan sepi walaupun followers sudah banyak. Tentu jika interaksi instagram sedikit, potensi keberhasilan bisnis kita juga akan berkurang. Nah di artikel kali ini mimin akan membahas trik agar postingan instagram ramai. Simak artikel berikut ini…
Cara Meningkatkan Interaksi Instagram untuk Bisnis
1. Beralih menjadi profil bisnis
Sebelum Anda mulai berpikir tentang rencana instagram marketing, pastikan Anda memiliki Akun Bisnis Instagram.
Cukup buka pengaturan Anda dan klik “Beralih ke Profil Bisnis” untuk memulai.
Ada beberapa manfaat yang jelas untuk memiliki profil bisnis:
- Followers dapat mengklik tombol kontak Anda untuk menghubungi Anda langsung dari halaman Instagram Anda seperti yang mereka lakukan dari situs web Anda.
- Profil bisnis memungkinkan Anda membuat dan menerbitkan iklan Instagram tanpa perlu menggunakan alat iklan Facebook.
- Anda juga dapat mengakses alat analisis Instagram, yang disebut Wawasan, yang menyediakan statistik tentang tayangan dan jangkauan posting Anda.
Selanjutnya Anda harus mulai menggunakan fasilitas profil bisnis tersebut untuk melacak metrik dan memahami audiens Anda.
2. Bekerjasama dengan Influencer
Cara kedua ini merupakan cara yang cukup efektif dalam mengedukasi calon konsumen di instagram. Kalau Anda ingin menjangkau pelanggan potensial di instagram, cara tercepat untuk melakukannya adalah melalui influencer yang telah punya puluhan ribu folllowers tetapi brand imagenya relevan dengan produk yang Anda tawarkan.
Sebelum Anda bekerja sama dengan seorang influencer, langkah pertama adalah mencoba dan mengidentifikasi beberapa influencer yang memiliki audiens yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Jika Anda bermitra dengan influencer industri yang tepat , Anda bisa mengeluarkan merek Anda di depan para pengguna itu.
Jadi ketika ia membagikan sesuatu di feed instagram tentang produk Anda, maka orang yang menjadi audiens dari influencer tersebut mudah percaya dengan produknya karena orang yang mereka idolakan telah menggunakan produk tersebut.
Bermitra dengan influencer memberikan Anda keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Pada keuntungan jangka pendek penjualan Anda dapat meningkat dari biasanya, sementara keuntungan apabila Anda bekerja sama dalam jangka panjang ialah Anda membangun kesadaran merek (brand awareness) dengan audiens Anda. Merek produk akan dikaitkan dengan influencer tersebut dengan sendirinya.
3. Posting di Waktu Ramai
Salah satu hal yang harus Anda lakukan berkaitan dengan waktu posting adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa mengganggu follower Anda dengan update yang berlebihan.
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test di waktu yang berbeda dan lihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement (atau keterlibatan pelanggan – biasa dalam rupa likes dan komentar) paling tinggi. Setelah Anda melihat mana waktu yang paling tepat, masukkan waktu tersebut di content calendar atau kalender editorial Anda untuk menjadwalkan waktu posting Instagram Anda.
Anda dapat mengetahui kapan followers Anda paling aktif di Instagram Insights, jadi hari dan waktu terbaik Anda untuk memposting mungkin akan berbeda tergantung pada audiens spesifik Anda.
5. Konsisten
Sebuah penelitian dari WebDam mengenai visual di social media menemukan bahwa 60% dari brand terkenal di Instagram menggunakan filter yang sama pada setiap post.
Dengan menggunakan filter yang sama di semua foto Anda, akun Instagram bisnis Anda akan memiliki sebuah style yang mudah dikenali oleh follower Anda. Karena salah satu objektif Anda dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapat likes dan komentar. Semakin mudah dikenali foto Anda, semakin besar kemungkinan followers Anda akan me-like dan meninggalkan komentar di foto Anda.
Untuk membantu Anda membuat visual yang konsisten, Anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti VSCOcam dan Enhance. Kedua aplikasi ini menyediakan filter dan opsi editing yang bisa membantu Anda menemukan style yang sesuai dengan brand Anda.
Itulah beberapa tips singkat agar postingan anda ramai. Semoag artikel ini bermanfaat bagi anda.