Diluar sana, banyak sekali rumus untuk membuat sebuah copywriting. Namun, rumus yang paling dasar dan paling banyak digunakan yaitu dengan menggunakan formula rahasia AIDA.
Apa itu AIDA?
AIDA yaitu singkatan dari :
– Attention
– Interest
– Desire
– Action
1# Attention
Kita harus dapat menarik perhatian mereka dalam 1 kedipan mata. Terlalu lebay memang, tapi intinya kita harus sebisa mungkin memberikan point yang menarik agar mereka tertarik baca dengan cepat. Caranya yaitu :
-
- Menggunakan Headline Menarik
- Gambar yang Menarik
- Kalimat pembuka menarik
“HANYA 8 DARI 10 ORANG YANG MEMBACA JUDUL, DAN HANYA 2 YANG MENERUSKAN MEMBACA SISANYA” (HUKUM PARETO)
Point pertama disini adalah HEADLINE
Headline ini bertugas sebagai penarik atau wajah pertama yang dibaca oleh calon pembeli kita, jadi headline ini adalah iklannya iklan kita, ini sangat penting sekali kita perhatikan.
Dalam membuat headline ini, kita harus bisa memposisikan diri kita sebagai calon costumer, bukan sebagai penjual, karena tujuan kita bukan untuk menarik penjual akan tetapi untuk menarik calon pembeli agar mau membaca penawaran kita dan tertarik untuk membaca penawaran kita sampai akhir dengan harapan terjadinya penjualan dari produk yang kita jual.
2# Interest
Buat calon konsumen anda tertarik dengan tulisan anda.
Caranya cukup mudah, anda bisa menyinggung masalah mereka, atau mencantumkan :
– Data Informasi/Fakta
– Statistik
– Study Kasus
– Kondisi
– Alasan
Anda bisa menyinggung :
-
- Masalah Terbesar
- Frustasi Terbesar
- Impian Terbesar
- Keinginan Terbesar
Anda tidak perlu mencantumkan semuanya, cukup pilih salah satu.
3# Desire
Keinginan dengan ketertarikan memang beda-beda tipis. Namun, dalam hal ini kita lebih menonjolkan sisi emosi dan logika. Misal menyebutkan benefit dan manfaat.
4# Action
Dan hal terakhir yang penting dicantumkan taitu tahaman untuk mengajak mereka bertindak. Dalam hal ini yaitu Call to Action untuk misalnya membeli. mendaftar, membuat akun, mendownload, subscribe dan sebagainya.
Sesuai fungsinya, CTA bisa berupa link, kontak, atau tombol.
Nah, dari rumus AIDA ini kita dapat mengambil kesimpulan. Anda bisa menggabungkan keempatnya secara berurutan, jika disederhanakan, maka anatomi copywriting sederhana yaitu :
-
- Headline
- Kalimat Pembuka
- Penawaran
- Alasan
- Benefit/BonusTestimoni/Garansi
- CTA
Kesalahan dalam membuat copywriting yang sering dilakukan oleh pemula:
-
- Fokus ke “Fitur produk”, sehingga lupa dengan apa keuntungan produk kita bagi costumer
- Terlalu meng SAYA2 kan, sehingga lupa dengan target pasar
- Berbicara dengan orang yang salah
- Lupa memasang Call to action (Kontak, dll)
- Kelihatan banget jualannya, karena sejatinya orang sangat tidak suka ketika ia sedang; dijual, ditawar2in dan disuruh2.
- Membosankan dan sulit dimengerti
Setelah anda membaca artikel ini sampai bawah, jangan lupa dipraktekan poin-poin pentingnya. Lalu ingat, berikanlah edukasi tambahan kepada Customer Service (CS) anda agar calon buyer bisa dikonversi menjadi konsumen/buyer.
Untuk itu terdapat aplikasi yang bisa membantu bisnis anda dalam memperlancar closing dengan sistem CS rotator ialah Loops.id. Selain mudah, anda juga bisa mendapatkan laporan harian jumlah pembeli yang masuk ke CS anda.
Berikut rangkuman dari kemudahan yang ditawarkan Loops.id kepada anda:
- Sistem rotasi kepada CS anda. Dengan sistem ini, semua CS mendapatkan porsi orderan yang sama
- Terdapat laporan jumlah orderan. Jadi anda tidak perlu bertanya-tanya kepada CS jumlah orderan yang masuk, anda dapat melihat melalui aplikasi.
- Satu link untuk semua CS. Anda hanya perlua membuat satu link saja untuk semua CS anda, tidak perlu repot-repot membuat link yang banyak
- Multi channel. Loops.id mendukung semua platform chat yang biasa digunakan orang Indonesia dan platform lain (whatsapp, line, telegram, bbm, email, sms, dan url)
- Bisa dipasang facebook pixel dan google tag manager.
Bagaimana? Tertarik?