Sebagai pebisnis, closing merupakan hal yang sangat penting karena dengan cara itulah pebisnis memperoleh keuntungan. Jika Anda memiliki toko online, sudah sepatutnya mengetahui beberapa teknik closing agar banjir orderan. Selain teknik yang tepat, closing ini bisa terjadi jika toko dikelola dengan baik salah satunya menggunakan Loops, karena web service ini sangat membantu Anda saat banyak pesanan.
7 Teknik Closing untuk Penjual Online yang Efektif
1. Testimoni
Salah satu teknik yang banyak dilakukan oleh bisnis online adalah testimoni. Teknik ini menyangkut kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap bisnis tersebut. Seperti yang diketahui bahwa tidak semua toko memberikan produk yang baik sehingga banyak pelanggan yang perlu klarifikasi terlebih dahulu.
Untuk menjawab pertanyaan pelanggan, Anda bisa menunjukkan beberapa hasil testimoni. Contoh testimoni yang paling banyak digunakan yaitu dengan screenshot chat dengan pelanggan sebelumnya, tentunya dengan penilaian yang positif. Teknik ini cukup efektif untuk menaikkan traffic.
2. Coret Harga
Mencoret harga adalah teknik yang sering dilakukan para penjual online agar closing lebih cepat dan lebih banyak. Sebenarnya teknik ini hampir sama dengan diskon yaitu sama-sama menurunkan harga. Hanya saja teknik coret harga ini perlu menampilkan harga lama yang sudah dicoret dan menampilkan pula harga terkini yang lebih rendah.
3. Mendeskripsikan kelebihan
Teknik yang bisa dicoba adalah mendeskripsikan kelebihan produk tersebut. Dengan cara ini pelanggan yang sebelumnya bingung memilih produk akan lebih mudah menentukan mana pilihannya. Produk yang memiliki banyak kelebihan cenderung banyak diminati maka tak jarang customer service kewalahan menanganinya.
Supaya lebih mudah dan tidak kewalahan Anda bisa menggunakan Loops. Web service ini akan mengelola usaha online Anda dengan menggunakan teknologi CS rotator dan memastikan setiap campaign memiliki performa yang bagus sehingga closing dalam jumlah besar.
4. Seri Spesial Atau Eksklusif
Menggunakan kata-kata seperti “spesial” atau “eksklusif” ternyata merupakan teknik yang tepat untuk closing. Teknik ini membuat pelanggan tertarik karena mereka mendapatkan produk dengan seri yang tidak biasa atau terbatas. Untuk menjangkau banyak pelanggan dengan seri spesial ini biasanya diumumkan lewat iklan.
5. Soft Closing
Soft closing merupakan teknik yang perlahan dan tidak menyatakan secara langsung. Pada teknik ini umumnya customer service menyesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan pelanggan seperti memberi pertanyaan mengenai kebutuhan terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan closing.
6. Now Or Never
Mungkin Anda sudah tidak asing dengan teknik Now Or Never karena ia adalah teknik yang sudah digunakan para sales sejak dulu. Meskipun tergolong kuno, nyatanya teknik tersebut mampu membuat toko winning campaign. Umumnya teknik ini berbunyi seperti “Jika Anda membeli produk hari ini, maka akan mendapatkan harga yang lebih murah karena besok harga akan naik”.
7. Beli… Gratis…
Mendengar kata “beli 2 gratis1” adalah favorit para pelanggan khususnya yang gemar belanja dalam jumlah banyak. Selain mendapat harga mudah Anda juga mendapatkan produk secara cuma-cuma. Teknik ini bisa digunakan sebagai teknik closing para penjual online, misalnya “Beli 2 pasang sepatu Gratis 1 pasang kaos kaki eksklusif”.
Demikian 7 teknik closing untuk para pebisnis online yang bisa diterapkan. Selain teknik closing di atas penting untuk memastikan toko dikelola oleh tim terbaik seperti Loops yang tidak hanya mengelola namun juga memastikan bahwa toko bisa closing dan scale up CS. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi web resmi hanya di https://loops.id/ .