Materi SPESISIAL kali ini, berkaitan tentang pola.
Temen-temen pasti udah tau kalau untuk bisa jualan dan closing di medsos itu pola umumnya 7 Kali Sharing 3 Kali Selling, bahkan ada yang sharing terus sellingnya tetep dateng dengan sendirinya karena selalu bermain di covert selling.
Cara ini perlu dilakukan karena inisiatif meningkatkan interaksi atau engagement di media sosial.
Sebelum masuk ke materi
COBA BAYANGKAN:
Seberapa sering temen-temen mumet, strees, pusing, frustasi, blank, nge-hang pas mau nulis postingan ?
cukup kebayang ya ??
dengan pola ini temen-temen bisa tiru dan inovasi berulang-ulang..
Pertama saya mau kasih POLA YANG HARUS DIHINDARI terlebih dahulu.
Ini curhatan sebagian besar advertiser di FB ADS yah, jangan sampai kamu melakukan seperti ini;
ada akun iklan orang lain, Kamu main hajar aja di komentar orang (yang saya lingkarin ya)
entah siapa gurunya dan dari mana ilmunya, yang jelas cara ini KEJAM SIH (JAHAT DIKASIH BANGET)
karena
1. Dzolim (orang lain yang bayar iklan ke FB dan IG, kita yang nyepam terus dapet closing). Postingan kayak gini bisa dihapus juga oleh admin
2. (SIA-SIA). Kalau satu instansi bisnis kesinggung
3. berat tangung jawabnya
1. POLA QUOTES
karena sejujurnya, salah satu cita-cita saya adalah menjadi admin meme, tapi belum kesampaian, alhasil saya sering buat status kayak gini.. gimana??
Pola quotes ini penting, karena setiap orang ingin disemangatin, ingin dimengerti apa masalahnya dan sebagainya.
2. POLA ULASAN (komentar Pribadi)
Kalau ada moment viral coba deh manfaatin, contoh.. waktu film joker rame
Banyak orang yang upload asal-asalan “orang JAHAT adalah orang baik yang TERSAKITI” kalau update gini aja BIASA – SERIUS
coba bikin seperti ini (komentar pribadi)
Manfaatin moment viral. Maka bisnis kamu-pun ikut viral..
3. *POLA KISAH INSPIRATIF*
Coba ceritakan kisah inspiratif. Sebagai contoh postingan ini saya post ketika momentum Mas Nadiem Makarim jadi mentri Pendidikan (share di group-group FB, Al-hasil dapet ratusan share ulang dari umat FB)
4. POLA CURHAT
Ini postingan temen sekelas Saya di kampus, cukup menyentuh
Baca ya, rexmarindo owner upnormal aja koment dipostingan itu..
insyaa allah jadi penyemangat bagi kamu para pengusaha.
5. POLA MINTA MASUKAN (HIPNOSELLING)
Tujuan pola ini sebenernya menghipnotis calon konsumen, secara gak sadar konsumen akan suka dan mau beli produk kita.. inget ya cuma secara gak sadar aja,
6. POLA NASIHAT
Kalau dapat nasihat dari suhu, guru, ustadz coba beranikan diri untuk share aja… insyaa allah ngefek seperti the Roniatul yang mentag kang dewa seperti ini
7. POLA DOA DAN MENDOAKAN
Percaya deh, ini ajib, saya dulu setiap hari buka facebook selalu ngucapin selamat ulang tahun. ke orang yang lagi ultah (kenal maupun gak kenal). dan ucapan itu punya template sendiri. jadi teman ataupun bukan teman ucapan ultahnya sama
ucapan ultah + doa, ngefek banget..
Atau dengan cara seperti ini juga bisa, share di facebook (secara gak langsung kamu jadi penyemangat buat orang lain)
8. Pola Sindiran
Coba sindir-sindir manja, kolam yang sudah kamu buat (funneling). Maka dampaknya bakalan berasa banget kalau menjaga perasaan calon konsumen-mu agar selalu berada pada Hot Market. Ini contohnya
9. Pola Sapaan
Pola ini juga menarik apabila dishare di group yang memang memiliki interaksi yang tinggi, semakin kita hadir dan aktif didalam suatu group maka semakin tinggi juga kepercayaan anggota group. Maka tidak heran apabila jualan organic seperti ini akan sangat mudah
10. Pola Tebak-Tebakan (give Away)
Pola ini cukup banyak digunakan belakangan ini, karena memang mengundang engagement atau interaksi yang sangat tinggi. Bahkan channel youtube pun sudah banyak yang melakukan give away.
11. Pola Pengandaian
Pola ini merupakan tingkat lanjut apabila nama baik dan trust sudah terbentuk akibat sering share yang manfaat di facebook, group FB, Instagram maupun group line sekalipun. Coba lihat contoh ini;
12. Pola Ancaman
Salah satu pola tingkat lanjut yang cukup jarang digunakan, namun apabila sudah memiliki tingkat kepercayaan dari orang lain yang tinggi maka akan sangat memberikan effect.
13. Pola Pilihan Ganda
Coba buat materi pilihan ganda dan posting di FB, IG, lINE ataupun WA story
14. Pola Tips & Trik
Coba bagi hal-hal GRATIS ataupun share ilmu yang berbayar secara gratis, tentu hal ini sangat diminati.
15. Pola Perumpamaan (ibarat)
Pola terakhir ini cukup jarang dipakai namun apabila sudah mahir pasti sangat terasa perbedaaan skill copywriting pemula dengan yang sudah advance
16. Pola Cerita Fiktif
Sekali-kali coba buat copywriting yang memberikan cerita fiktif. Meskipun sangat sulit namun jika berhasil dan viral maka skill copywriting-mu tidak diragukan lagi. Pak Dosen Jualan (Suryadin Loaddang) aja buat teknik ini
17. POLA PENGUMUMAN
Coba update info menarik seperti ini
“duuhh udah saya bilang kalau mau ikut kelas.seomuda.id sekarang sekarang, jangan di nanti.., biasanya suhu naikin harga kalau udah overload, kayak jasa buat LP dan web aja naik 400rb ckck..”
ini contoh pola pengumuman dari kang dewa
Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat #salammanfaat